Home » » Kominfo Banyuasin Raih Penghargaan IOSA 2012

Kominfo Banyuasin Raih Penghargaan IOSA 2012


Ilustrasi
PANGKALAN BALAI – 4 Juli

Kemajuan penerapan teknologi dan informasi oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuasin kembali mendapatkan apresiasi. Kemarin, Bidang Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi (Dishubkomfo) berhasil meraih peringkat kedua dalam Indonesian Open Source Award (IOSA) dalam Penerapan Open Source dari Menteri Komunikasi dan Informatika RI.

Penghargaan yang diberikan langsung oleh Menteri Kominfo RI, TifatulSembiri di Jakarta diterima oleh Kepala Dishubkominfo Banyuasin, Supriyadi. Kabid Kominfo, Erwin Ibrahim mengatakan Pemkab Banyuasin berhasil mendapatkan penghargaan peringkat kedua terbaik nasional dari kementerian Kominfo RI. Penghargaan diberikan karena Pemkab Banyuasin sejak tahun 2009 telah melakukan sosialisasi, pelatihan dalam penerapan teknologi informasi di lingkungan Pemkab Banyuasin. Terlebih, telah mampu menerapkan operating sistem pada server, komputer dan laptop yang dipergunakan para pegawai Pemkab.

“Sejak tiga tahun terakhir, dengan terbitnya peraturan dan edaran bupati yang mewajibkan lingkungan Pemkab berbasis tekonologi informasi, yakni open source berbasis Free Open Source Software (FOSS), Sehingga dinilai mampu memajukan teknologi informasi,”ungkapnya.

Selain itu, penilaian teknologi informasi ditujukan dalam upaya menekan larangan menggunakan operating system yang bajakan. Penggunaan software / operating system bajakan merupakan pelanggaran Hak Kekayaan Intelektual (HAKI). Sehingga, dengan penerapan teknologi informasi yang baik, proses pembajakan atau pencopian tanpa izin tentu tidak dapat dilakukan oleh Pemkab Banyuasin.

“Penggunaan software bajaka tidak akan mendatangkan manfaat. Oleh karena itu penggunaan Open Source di Pemkab Banyuasin, lebih mencerdaskan dengan meminimalisir penggadaan dan ketidakpenghargaan atas karya HAKI orang lain,”ungkapnya.

Sementara itu, Kadishubkominfo, Supriyadi mengatakan penghargaan kali ini merupakan merupakan hasil kerja keras bersama instansi, terutama bidang kominfo dishubkominfo Banyuasin. Diharapkan pengembangan teknologi infomasi di Banyuasin dapat menjadi inspirasi nasional dan terus mendapatkan dukungan dari pemerintah, legislatif dan masyarakat Banyuasin.

“Ini penghargaan yang ketiga atas implementasi teknologi informasi di Pemkab Banyuasin. Nantinya, diharapkan perkembangan atas teknologi informasi itu menjadi lebih baik dengan dukungan berbagai pihak,”tukas Kadis Supriyadi.


Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Copyright © 2013. Maulana Share Information - All Rights Reserved