Home » » Cosmos Browser Mobile yang Bisa Digunakan Tanpa Koneksi Internet

Cosmos Browser Mobile yang Bisa Digunakan Tanpa Koneksi Internet

Saat menemukan informasi bahwa ada browser yang tidak memerlukan koneksi data/internet, sepertinya mendengarkan sesuatu hal yang tidak mungkin. Bagaimana mungkin sebuah browser kok bisa berfungsi tanpa koneksi data seperti GPRS atau Wifi?? Bagaimana bisa??? Cosmos adalah aplikasi browser Android yang bisa melakukan hal tersebut dan merupakan hasil karya dari 4 orang hacker pada acara MHacks, sebuah kompetisi pemrograman bagi pelajar di Amerika Serikat yang diikuti oleh pelajar dari seluruh dunia.

Begini contoh tampilan sebuah halaman web browser tersebut:

Ternyata ada teknik jitu yang memungkinkan kita membuka alamat URL tertentu pada browser Cosmos ini yang kemudian menampilkan isi alamat url tersebut, ternyata di balik layar browser ini memanfaatkan SMS untuk lalu lintas data.
Jadi cara kerjanya adalah sebagai berikut:
  1. Pengguna mengetikkan alamat web/URL pada browser Cosmos
  2. Browser mengirimkan alamat ini ke server Cosmos melalui SMS
  3. Server Cosmos mengakses alamat URL yang diminta dan menghilangkan bagian-bagian yang berat seperti image, CSS dan Javascript
  4. Server Cosmos menghasilkan kode HTML yang sederhana yang sudah dimampatkan(dikompresi) dan mengirimkan balik ke browser melalui SMS
  5. Browser Cosmos menampilkan kode HTML yang sudah disederhanakan tersebut
Walau mungkin browser Cosmos ini tidak bisa berfungsi maksimal untuk browsing karena berbagai keterbatasan yang ada tapi memungkinkan kita tetap bisa mengakses halaman web yang kita inginkan saat berada dalam situasi atau kondisi di mana kita tidak memiliki akses internet/koneksi data.
Di balik layar Cosmos menggunakan teknologi Node JS serta Twilio API (layanan SMS yg bisa diintegrasikan melalui pemrograman )
Sayangnya saat penulisan ini, aplikasi Cosmos sedang ditarik dari Play Store karena mengalami masalah dana dan mereka sedang berusaha mencari dana tambahan untuk membiayai berbagai biaya operasional yang semakin membengkak dikarenakan popularitas browser ini.
Apabila Anda ingin menyumbang bisa mengunjungi alamat berikut:
Bahkan Anda pun bisa menengok kode program dari browser ini di https://github.com/ColdSauce/CosmosBrowserAndroid
Atau Anda dapat mengunjungi situs web mereka di : http://cosmosbrowser.org

Sumber : Berita Teknologi
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Copyright © 2013. Maulana Share Information - All Rights Reserved